Tips Jumper Aki Mobil Ala Hyundai Gowa, Awas Salah Bisa Jadi Masalah

  • Saat berkendara, situasi darurat bisa terjadi kapan saja. Termasuk jika aki mobil tiba-tiba mati. Hyundai Gowa membagikan tips mengatasi masalah ini.


Otojatim.com - Aki mobil tiba-tiba mati di jalan memang bikin repot. Apalagi kalau pengguna gak tahu cara melakukan jumper. Salah-salah malah bisa mengundang bahaya.

Untuk itu, Hyundai Gowa memberikan tips dan trik mengatasi aki mobil yang ngadat di jalan.


Sebelum membahas cara mengatasinya, pengendara harus tahu dulu tanda-tanda aki mobil membutuhkan jumper.


Pertama, starter mobil terasa lemot atau bahkan gagal sama sekali saat menghidupkan mesin. Ini tanda umum bahwa daya aki mulai menurun. 


Kedua, lampu mobil terlihat lebih redup dari biasanya. Ini merupakan indikasi bahwa aki tidak mampu menyuplai listrik dengan optimal. 


Ketiga, klakson terdengar lemah atau tidak berbunyi sama sekali. Ini juga merupakan salah satu sinyal bahwa aki mulai melemah.


Keempat, jika mesin mobil mati mendadak saat sedang digunakan, biasanya hal ini diakibatkan oleh aki yang tidak lagi mampu menjalankan fungsinya dengan baik.


Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan saat jumper aki agar mobil Anda kembali menyala:

  1. Posisikan kendaraan cukup dekat sehingga kabel jumper bisa terjangkau, tapi jangan biarkan kendaraan bersentuhan.
  2. Hindari kipas atau komponen yang bergerak di kompartemen mesin setiap saat, bahkan saat kendaraan dimatikan.
  3. Matikan semua perangkat listrik seperti radio, lampu, AC, dll. Tempatkan kendaraan di posisi P (Parkir), terapkan rem parkir, dan segera matikan kedua kendaraan.
  4. Sambungkan kabel jumper dalam urutan persis seperti yang ditunjukkan dalam gambar di atas. Pertama, sambungkan satu kabel jumper ke terminal jumper merah positif (+) di kendaraan Anda.
  5. Hubungkan ujung lain dari kabel jumper ke terminal baterai/ jumper merah, positif (+) pada kendaraan pembantu.
  6. Hubungkan kabel jumper kedua hitam negatif (-) ke ground pada baterai/sasis kendaraan pembantu.
  7. Hubungkan ujung lain dari kabel jumper kedua hitam negatif (-) ke ground sasis kendaraan Anda. Jangan biarkan kabel jumper bersentuhan dengan apapun kecuali dengan baterai yang benar atau terminal jumper atau ground yang benar. Jangan bersandar pada baterai saat terhubung.
  8. Hidupkan mesin kendaraan pembantu dan biarkan bekerja sekitar 2.000 rpm selama beberapa menit. Kemudian hidupkan kendaraan Anda.


Perlu diingat bahwa jumper aki bukanlah solusi akhir untuk mengatasi aki soak. 


Jika kendaraan Anda masih belum dapat menyala setelah beberapa kali mencoba, ini berarti sudah saatnya Anda melakukan servis. 


Servis aki yang terpecaya bisa diserahkan pada diler resmi Hyundai.

Dealer hyundai terdekat

Hyundai Gowa merupakan diler resmi terbesar Hyundai yang dapat memberikan solusi penanganan kendaraan Anda. Mekanik Hyundai Gowa siap memastikan kendaraan Anda mendapat perawatan yang tepat dan aman, sehingga Anda bisa kembali berkendara dengan tenang.


“Mekanik di Hyundai Gowa telah dilatih untuk menangani berbagai kebutuhan kendaraan Anda, termasuk pemeliharaan dan perbaikan mobil. Apabila pelanggan tidak dapat menyalakan mobilnya bisa saja karena permasalahan di aki, namun untuk memastikan sebaiknya dikonsultasikan dahulu pada Service Advisor bengkel Hyundai Gowa untuk mendapatkan solusinya. Silahkan hubungi bengkel Hyundai Gowa terdekat atau WhatsApp ke call center kami di nomor 0812 1000 9400, kami siap membantu Anda,” kata Ferry, Chief Operating Officer PT Gowa Modern Motor (Hyundai Gowa).

Servis mobil hyundai gowa.

Agar kendaraan selalu prima, jangan lewatkan jadwal servis rutin. Lakukan booking service agar  kendaraan Andanlangsung mendapatkan  perawatan terbaik. 


Hyundai Gowa merupakan dealer resmi yang tersebar di Indonesia yang dapat diketahui melalui www.hyundaigowa.com atau Instagram official Hyundaigowa.id .

LihatTutupKomentar

Harga Hyundai IONIQ 5 Mulai Rp718 Jutaan. Ada 4 Tipe

Jakarta, Otojatim.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah resmi merilis harga mobil listrik mid-size terbaru, Hyundai IONIQ 5. Mobi...

close
harga yamaha lexi